Ubah Title Tags Pada Customized Blogger Templates Agar SEO Friendly


Sampai saat sekarang ini, saya lihat tag judul dari blog masih mendominasi tampilan title blog di browser. Dimana tag judul blog tersebut akan muncul terlebih dahulu dari setiap halaman postingan anda, baru setelah itu muncul judul postingannya. Padahal untuk SEO (Search Engine Optimization) hal tersebut kurang begitu baik apabila anda menggunakan meta tags dimana didalamnya terdapat keyword blog anda. Karena hasilnya kurang begitu maksimal. Seharusnya seperti gambar dibawah ini:


Namun, untungnya Blogger sudah membenahi hal ini dengan memperbaiki Layouts Template bagi yang mempergunakan template asli dari blogger yaitu tag <data:blog.pageName/>. Nah, sekarang bagaimana dengan anda yang menggunakan template dari pihak ketiga? Dimana template pihak ketiga tersebut sudah berubah untuk tag yang saya maksud menjadi <data:blog.pageTitle/>? Anda harus merubah kembali tags tersebut ke yang baru yaitu dari <data:blog.pageTitle/> menjadi <data:blog.pageName/> tag ini bisa merubah kondisi tersebut sehingga nantinya judul postingan bisa muncul terlebih dahulu.

Untuk lebih lengkapnya kita ikuti cara yang mudah berikut ini:
1. Anda tuju ke Layout>Edit HTML pada saat berada pada dashboard Blogger
2. Setelah itu cari tag berikut ini: <data:blog.pageTitle/>
3. Ganti kode diatas dengan dibawah ini:
<b:if cond=’data:blog.pageType == &quot;index&quot;’>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>
4. Save template anda
Jika anda sudah merubah tag ini, anda akan lihat pada halaman post anda, default daripada judul blog anda pada jendela browser akan diganti dengan judul dari postingan anda. Tentu saja ini bisa menambah peluang bagi postingan kita agar terindex lebih banyak di mesin pencari sehingga kemungkinan user lain dalam melakukan pencarian dengan menggunakan keyword tertentu sangat besar mengena pada postingan kita. Dan pada akhirnya user lain akan sering juga berkunjung (traffic) ke blog atau situs kita karena halaman postingan kita selalu berada di search engine.
Mudah-mudahan trik ini bisa membantu para blogger. Selamat mencoba dan keep blogging!!

0 komentar:

Posting Komentar